Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Profil dan Perjalanan Skuad Timnas Austria Euro 2016

Profil dan Perjalanan Skuad Timnas Austria Euro 2016 – Profil timnas Austria dalam kualifikasi Euro 2016—Austria berhasil mengantongi nilai 22 di kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup G sehingga secara resmi menjadikan Austria sebagai juara grup. Selain itu, tim nasional Austria juga berhasil menjadi tim keempat yang lolos ke putaran final setelah mengalahkan Swedia. Yaa, ketika itu pertandingan diadakan di Swedia, tepatnya di stadion Friends Arena, Solna, Swedia. Pada hari itu, tanggal 9 September 2015, Stadion Friends Arena menjadi saksi bisu keberhasilan tim nasional Austria menjuarai laga dan menutup kualifikasi untuk melanjutkan ke putaran final di Perancis nanti menyusul tiga tim yang sudah lolos lebih dulu, yakni Inggris, Islandia dan Republik Ceko.

Profil dan Perjalanan Skuad Timnas Austria Euro 2016

Profil dan Perjalanan Skuad Timnas Austria Euro 2016

Sejak pertandingan itu dimulai, tim yang berada dibawah asuhan pelatih asal Swiss Marcel Koller itu sudah membombardir tim tuan rumah, Swedia. Pasalnya pada menit ke 9, hukuman penalti sudah dijatuhkan padanya sehingga memberikan kesempatan untuk Austria mencetak gol. Kesempatan ini ternyata tak disia-siakan tim nasional sepak bola Austria, David Alaba berhasil melahirkan gol menawan dan mengubah kedudukan menjadi 0-1 untuk Austria atas tuan rumah, Swedia. Tak berhenti hanya sampai disitu, Austria kembali melancarkan gol di menit 38 melalui serangan kombinasi silang antara Martin Harnik dan Marc Janko, hingga akhirnya skor berubah menjadi 0-2 untuk Austria atas Swedia. Swedia nampaknya ketakutan dan kehabisan taktik, karena pada menit 76 sebuah gol kembali tercetak oleh Janko dan satu gol lagi lainnya. Merasa gemas dan ingin membalas, Ibrahimovic tak mau tinggal diam, ia mencetak sebuah gol untuk tim nasionalnya. Namun tentu tidak merubah banyak karena sampai pertandingan berakhir tim nasional Austria dengan pertahanan kuat mempertahankan skor 1-4 dan memenangkan pertandingan.

Austria merupakan tim sepak bola yang pernah dua kali mencapai posisi semi-final Piala Dunia, pada tahun 1934 dan tahun 1954. Selain pencapaiannya tersebut, sepak bola Austria nyaris tanpa suara dan tenggelam bersama sejarah sepak bola negaranya, seperti pertandingan terkahir Austria melawan Jerman Barat di Piala Dunia 1978 yang berkahir dengan skor 3-2 atas Jerman barat. Austria melaui Hans Krankl mampu melahirkan dua gol. Sudah hampir berpuluh-puluh tahun Austria tampaknya tidur nyenyak dari pemberitaan sepak bola Eropa. Kegagalan mereka yang berturut-turut pada Piala Dunia 1990 dan 1998 merupakan kali terakhir mereka mengikuti ajang paling bergengsi sedunia.

Kemenangan tim nasional Austria atas Swedia di Stockhlom merupakan sebuah hiporia yang besar dan paling ditunggu-tunggu tim, pendukung dan Negara Hungaria sendiri. Austria telah bangun dari tidur nyenyaknya, mulai bangkit menunjukkan eksistensi sepak bolanya di ajang kejuaraan sepak bola UEFA 2016 ini. Koller, Pelatih tim nasional Austria, mengaku bahwa timnya terus menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam permainan dan kedepannya ia menjanjikan untuk mengajarkan ketenangan agar tim Austria mampu tenang ketika melawan tim unggulan yang biasanya menyebar terror kekhawatiran bahkan sebelum memasuki menit ke dua sekalipun.

Kabar yang lebih membanggakan datang dari rekor Austria sepanjang kualifikasi. Masih ingatkah Anda ketika Inggris memperoleh rekor 100 persen sempurna dengan jumlah gol terbanyak dalam 10 laga yang mereka tampil didalamnya? Dikabarkan melalui UEFA, Austria memperoleh sekitar 70 persen rekor kemenangan karena setelah pada leg pertama melawan Swedia ia memperoleh skor imbang 1-1, tujuh pertandingan setelahnya Austria berhasil menang, sehingga rekor kemenangannya hanya berbeda tipis dengan Inggris. Selain itu, pelatih tim nasional Austria sendiri, Koller, hanya memiliki total kemenangan 41 persen selama karirnya sebagai pelatih dan juru taktik dimulai. Tentunya hal tersebut menjadikan public tak begitu memberikan banyak harapan padanya dan tim yang diasuhnya.

Koller sendiri mengaku sebagai seorang pelatih, ia melihat kegagalan Austria dalam Piala Dunia 2014 dengan serius dan belajar beberapa hal dari sana. Untuk itu, kemenangan Austria dalam kualifikasi piala eropa 2016 ini merupakan sebuah gebrakan serius Austria yang mulai bangkit dan menunjukkan performa yang tenang namun mematikan. Apakah Austria mampu berhasil dan sukses di putaran final Juni – Juli mendatang? Jika dilihat dari rekor kemenangan pada kualifikasi, sepertinya Inggris harus waspada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *