Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Profil Skuad Timnas Swedia dalam Kualifikasi Euro 2016

Profil Skuad Timnas Swedia dalam Kualifikasi Euro 2016 – Swedia tidak melewatkan kesempatannya untuk ikut bergabung memperebutkan Piala Eropa 2016. Permainannya yang lincah berhasil membawa tim nasional Swedia untuk berlaga di Perancis Desember nanti. Zlatan Ibrahamovic berhasil menyumbangkan dua gol ke gawang Denmark pada saat-saat terakhir yang pada akhirnya mampu membeli satu tiket kemenangan untuk terus lanjut ke putaran final Piala Eropa 2016. Sekitar menit ke 19 dan ke 76, Ibrahamovic berhasil melahirkan gol-gol indahnya diikuti oleh balasan Denmark pada menit ke 81. Meskipun pertandingan berakhir dengan skor 2-2, namun pada leg pertama beberapa minggu sebelumnya, Swedia berhasil memenangkan pertandingan melawan Denmark dengan skor 2-1 terhitung dengan skor agrerat jumlahnya menjadi 4-3, kemenangan Swedia atas Denmark. Permainan Ibrahamovic dianggap sangat membantu ritme tim nasional Swedia saat itu.

Profil Skuad Timnas Swedia dalam Kualifikasi Euro 2016

 Profil Skuad Timnas Swedia dalam Kualifikasi Euro 2016

Meskipun Swedia berhasil mencetak kemenangan atas Denmark, nampaknya tim nasional Swedia belum berhasil memperoleh hasil yang sama atas Rusia. Pasalnya, dalam pertandingan kualifikasi Euro 2016 melawan Rusia, terbukti Swedia kalah 1-0. Kekalahan Swedia ini membukakan jalan bagi Rusia untuk kembali bertemu dengan Swedia kelak di putaran final Euro 2016 di Perancis bulan Juni hingga Juli. Lapangan hijau Otkrytie menjadi saksi gol indah Artem Dzyuba, striker Rusia, yang sampai pada detik akhir tak dapat dirubah oleh tim nasional Swedia. Namun bukan berarti tanpa pertempuran sengit. Tim nasional Swedia nampaknya mengalami kesulitan menghadapi tim nasional Rusia saat itu. Baru saja sampai pada menit keempat, gawang Swedia sudah hampir kebobolan oleh Dzyuba, ditambah lagi pada menit ke 10, Shirokov hampir saja mengubah masa depan namun gol yang ia buat dianulir karena offside.

Pada menit-menit pertama melawan Rusia, skuad tim nasional Swedia tampak kewalahan menghadapi defense dan serangan dari tim lawan. Pasalnya gawang mereka terus menerus diancam oleh lawan. Pada menit ke 16, gol hampir kembali terjadi namun gagal karena tendangan Shatov yang terlalu melebar. Lalu pada menit berikutnya, Kokorin menunjukkan peluang sebuah gol dapat tercetak. Tak mau menyerah, tim nasional Rusia lewat kerja sama luar biasa antara Kokrin, Shirokov dan Smolkinov juga Dzyuba berhasil membobol gawang tim nasional Swedia d menit ke 38.

Sejauh ini, dapat terlihat bahwa tim nasional sepak bola Swedia untuk Euro 2016 mengalami titik peningkatan dan penurunan dalam bermain di lapangan. Saat melawan Rusia di babak pertama mereka digerus habis-habisan oleh tim lawan dan baru mulai balas menyerang dan bertahan pada babak kedua, meskipun tak menghasilkan gol balas dendam ke gawang lawan, namun Swedia berhasil bermain defense dengan kokoh dan anggun sampai akhir pertandingan usai dan Rusia berhasil membawa pulang satu tiket menuju putaran final Euro 2016 di Perancis bulan Juni nanti.

Meskipun Swedia nyatanya dalam kualifikasi kejuaraan sepak bola UEFA 2016 kali ini dianggap sebagai lawan yang sama sekali tidak mudah dikalahkan, pada sebenarnya tim nasional Swedia memiliki kesamaan dengan tim nasional lain. Performa pemain dalam lapaangan hijau tidak bisa dikontrol oleh penonton atau pelatih, namun bisa diharapkan. Pelatih Rene Pauritsch mempercayakan timnya pada Isaksson, Granqvist, Olsson, Bengtsson, Lustig, Kallstrom, Larsson, Berg, Thelin dan Ibrahimovic yang sebelumnya melawan Denmark menyumbangkan dua gol cantik penyebab kemenangan Swedia. Granqvist juga menunjukkan permainan defense yang kuat dan terbukti beberapa kali menggagakan gol Rusia ke gawang tim nasionalnya.

Begitulah profil tim nasional Swedia sepanjang laga kualifikasi kejuaraan sepak bola UEFA tahun ini atau Euro 2016. Putaran final Euro 2016 sendiri akan diadakan tanggal 10 bulan Juni sampai dengan tnaggal 10 bulan Juli tahun 2016 di beberapa stadion di Perancis. Swedia berhasil meloloskan diri dari putaran kualifikasi dan siap melenggang di putaran final nanti. Kira-kira kejutan apa yang Swedia sudah siapkan dimeja pertandingan bergengsi antar Negara-negara Eropa? Kita lihat saja nanti, yang jelas dengan kegesitan Ibrahimovic dan kehebatan permainan defense Granqvist dan Isaksson juga Olsson, Swedia sepertinya masih punya banyak peluang untuk membawa pulang Piala Eropa 2016.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *