Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Profil Timnas Hungaria Sepanjang Kualifikasi Euro 2016

Profil Timnas Hungaria Sepanjang Kualifikasi Euro 2016 – Play Off Kualifikasi Euro 2016 ditutup dengan suka cita Hungaria sebagai tim urutan ke 21 yang berhasil lolos kualifikasi dan melaju untuk pertandingan memperebutkan Piala Eropa 2016 di Perancis. Kemenangannya atas Norwegia yang secara agrerat menang dengan skor 3-1 dalam dua leg menjadi pintu terakhir yang terbuka menuju jalan mulus kejuaraan Piala Eropa 2016 nanti. Kegembiraan Hungaria diperoleh dalam laga di Stadion Groupama Arena di Budapest. Memasuki menit ke 14, Tamas Priskin berhasil mencetak gol pertama Hungaria lewat sudut kiri gawang yang jika saja Goal Keeper Orjan Nyland berhasil mencegahnya, bola itu akan memantul kedepan. Kegagalan Goal Keeper Norwegia, Orjan Nyland ini kembali terulang pada menit ke 83 ketika Richard Guzmics membuat gol yang kedua Hungari lewat sundulan indahnya.

Profil Timnas Hungaria Sepanjang Kualifikasi Euro 2016

Profil Timnas Hungaria Sepanjang Kualifikasi Euro 2016

Pertahanan Hungaria sempat kalah ketika tim nasional Norwegia berhasil mencetak satu buah gol balas dendam oleh Markus Henriksen. Rupanya Hungaria sempat terlena degan dua gol gemilang yang mereka buat hingga sempat defense nya dihancurkan. Namun tak butuh waktu lama bagi Hungaria untuk kembali bangkit meningkatkan permainan mereka, karena terbukti hingga permainan berakhir dan peluit sudah ditiup, skor pertandingan ini mampu dipertahankan oleh Hungaria 2-1. Dengan itu pun Hungaria lolos secara agrerat 3-1 ke putaran final Piala Eropa 2016 bersama kurang lebih 9 juara grup qualification round lainnya.

Tim nasional sepak bola Hungaria untuk perebutan Piala Eropa kali ini, seperti tim-tim yang lainnya, memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi. Terbukti ketika diwawancarai, Tamas priskin yang mencetak gol indah ke gawang Norwegia di menit ke 14 itu berkata, ia mendedikasikan golnya untuk mantan penjaga gawang Hungaria yang meninggal dua beberapa minggu sebelum Priskin bertanding dihari ketika ia diwawancarai ini, Marton Furlop, nama penjaga gawang tersebut. Ia menderita kanker dan harus menutup usia di umur yang baru 32 tahun, karir sepak bolanya masih panjang namun semua orang pun turut berduka cita atas hal ini. Tuhan memiliki rencana lain. Meskipun masih diliputi kesedihan, tim Hungaria berhasil menunjukkan performa terbaik mereka dalam leg nya melawan Norwegia.

Fakta bahwa tim nasional Hungaria sepanjang kualifikasi ini tidak didukung oleh pemain-pemain unggulan adalah hal lain yang juga menjadi kejutan membanggakan. Ketika ditanyai perihal tersebut, Pelatih Hungaria, Bern Strock berkata, “Kami memiliki banyak pemain yang tidak secara regular bermain di klub mereka masing-masing, tapi saya mempercayai mereka. Mereka bermain dengan rasa berani dan tanpa rasa takut sedikit pun,” ujarnya. Hal ini tentunya sudah dibuktikan oleh Hungaria. Meskipun kali terakhir mereka tampil di Piala Eropa adalah pada tahun 1972 di Belgia, kembalinya Hungaria ke perebutan Piala Eropa kini telah diawali dengan start yang bagus. Kemenangan atas Norwegia 3-1 mereka jadikan sebagai kemungkinan baik bahwa tim Hungaria akan berjalan mulus dalam pertandingan-pertandingan kedepan di Piala Eropa 2016 di Perancis.

Tampaknya pelatih Strock yakin meskipun tim asuhannya tidak memiliki pemain regular klub-klub bintang, keberanian dan tak adanya rasa takut merupakan dua hal kunci terpenting dalam penampilan tim nasional Hungaria kali ini. Ia yakin ketika anak-anak asuhannya percaya bahwa ada keberanian didalam diri mereka untuk membuktikan bahwa mereka pantas masuk ke putaran final, maka ia merasa itu cukup. Rasa takutpun akan ikut hilang dengan adanya keberanian. Strock mengakui bahwa hal ini sangat membuatnya bangga.

Kemenangan Hungaria atas Norwegia merupakan bukti dari rasa percaya diri tersebut. Sebelumnya, ketika Hungaria dipasangkan dengan Romania. Skor akhir imbang 0-0 tanpa gol. Permainan begitu ketat dan terlihat sangat sengit. Pasalnya baru mencapai menit ke 1,5, Romania sudah menyebar kekhawatiran ke gawang Hungaria. Tak mau gawangnya diancam, Hungaria membalas pada 3 menit kemudian namun tendangan tersebut melenceng dari sasaran. Kemudian ancaman kembali datang dimenit 21 dan menit ke 27. Pertandingan antara Hungaria dan Romania begitu sempit, namun bisa dipastikan Hungaria lanjut ke putaran final Piala Eropa 2016 di Perancis nanti. Kejutan apalagi yang akan tim nasional Hungaria berikan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *